Ya, mencari uang tambahan di tengah Pandemi ini tentunya akan sangat membantu meringankan beban pengeluaran sehari-hari. Tak dapat dipungkiri jika situasi ini telah memberi dampak negatif bagi pertumbuhan ekonomi.

Saat ini banyak karyawan yang dirumahkan dan para pebisnis yang harus mengalami penurunan omset secara drastis.

Perkantoran, toko, restoran dan pusat perbelanjaan juga dibatasi kegiatan operasionalnya, hingga menyebabkan beberapa diantaranya terpaksa mengambil langkah dengan menutup bidang usaha secara sementara ataupun permanen.

Apa saja untuk mendapatkan uang di masa sulit seperti sekarang ini?

Berikut beberapa ide ‘survival mode’ yang mungkin cocok untuk kamu terapkan:

Menjual Foto

Punya hobby jalan-jalan dan fotografi? Jika ya pastinya kamu sudah memiliki segudang koleksi selama berkelana ke luar daerah maupun luar negri. Inilah moment yang tepat untuk mengkomersilkan hasil karyamu di berbagai platform seperti;

  • Shutterstock
  • Getty image
  • Alamy
  • IStock photo
  • Adobe stock
  • 123RF
  • Stocksy, dan sebagainya

Jangan lupa untuk memperhatikan kualitas foto yang diupload. Sebagai contoh kamu bisa mendapatkan nilai royalti dari setiap foto yang berhasil terjual mulai dari Rp 100,000 rupiah hingga Rp 5,000,000 rupiah/download.

Tips: Tak harus foto-foto traveling, kamu bahkan bisa mengabadikan objek-objek sederhana dan menguploadnya disana.

Rental Peralatan bayi & balita

Seperti alat penghangat susu, stroller, mainan, tempat tidur dan masih banyak lagi. Biasanya barang-barang seperti ini hanya digunakan sebentar, maka sayang sekali apabila disimpan begitu saja.

Selain dengan menjualnya kamu juga bisa coba menawarkan jasa rental lewat toko e-commerce seperti di tokopedia. Sebagai contoh;

  • stroller & car seat Rp 100,000 rupiah/minggu
  • pompa asi Rp 75,000/bulan
  • Playmatt yang sekitar Rp 350,000/bulan.

Jika di hitung-hitung lumayan juga kan?

Guru online

Kalau kamu punya hobby dan keterampilan seperti olahraga, musik, merajut ataupun bidang akademis lainnya yang bersertifikat, tak ada salahnya mencoba menawarkan jasamu lewat:

yang juga dapat di unduh lewat android playstore. Di superprof misalnya, kamu dapat membuat profil menarik, jenis jasa yang ditawarkan, mematok fee, lama belajar, waktu dan tempat yang bisa kamu tentukan sendiri.

Sebagai contoh apabila kamu seorang trainer kebugaran, bela diri ataupun guru senam, kamu bisa menawarkan sesi mulai dari Rp 50,000 hingga 200,000/per jam. Setiap program yang kamu berikan bisa dibagi menjadi beberapa sesi.

Menjadi digital Freelancer

Buat kamu yang suka kegiatan menulis, punya keahlian digital marketing, programming, web developer, desain, fotografi, bahasa dan lain sebagainya platform ini cocok sekali untuk kamu manfaatkan sebagai ladang pemasukan:

Tips: Meskipun harus bersaing dengan banyak profil tetapi tak ada salahnya unttuk mencoba. Kamu akan mendapat rating dan rekomendasi dari setiap project yang terselesaikan. Semakin baik predikat yang dimiliki akan memudahkan kamu untuk mendapatkan project selanjutnya.

Menjadi reseller

Tak perlu mempersiapkan modal, kamu dapat mempromosikan berbagai jenis pakaian maupun perlengkapan rumah tangga lewat aplikasi dibawah ini. Kamu bisa memilih apa saja item yang ingin dijual dan mempromosikan produk-produk tersebut sebagai reseller:

Tips: setelah mengunduh aplikasi, kamu tinggal download foto-foto produk, dan mulai menawarkannya lewat posting menarik di instagram, instastory dan facebook. Metode kirim foto produk ke teman-teman, kerabat dan kenalan lewat Whatsapp dan Line juga merupakan cara jitu untuk menarik perhatian calon pembeli.

*Terlebih jika teman-temanmu juga ikut broadcast item yang kamu jual.