Sebagaimana diketahui bahwa manusia dianugerahi akal dan instrumen pikiran yang menakjubkan. Kedua elemen ini dapat menjadi kekuatan yang sedemikian rupa mampu menyembuhkan diri sendiri dari berbagai masalah psikologis sekaligus memotivasi diri untuk mencapai kualitas hidup yang diinginkan.

Apa itu Hipnosis & self-hipnosis?

Hipnosis adalah seluruh rangkaian proses dimana alam pikiran seseorang memasuki kondisi trance. Self-hypnosis yaitu dimana proses tersebut dilakukan dengan cara mensugesti diri sendiri.

Self hypnosis menggunakan medium musik?

Musik mencerminkan berbagai macam emosi dan menjangkau tingkat emosional kita. Kini, sarana ekspresi non-verbal ini juga dimanfaatkan sebagai penghantar self-hypnosis.

Self-hypnosis dalam bentuk musik

Binaural beats

Adalah 2 nada berbeda yang terdengar ditelinga kanan dan kiri yang menghasilkan ketukan tertentu. Contohnya, nada dengan frekuensi 330 Hz diberikan ke telinga kiri dan 300 Hz di telinga kanan, pada saat itulah kamu merasakan detak 30 Hz. penggunaan binaural beats memerlukan penggunaan headset.

Monaural beats

Adalah saat dua nada dengan frekuensi yang sama digabungkan dan ditampilkan ke salah satu atau kedua telinga Anda. Mirip dengan binaural beats, dua nada dengan frekuensi 330 Hz dan 300 Hz digabungkan. Untuk mendengarkannya cukup dengan menggunakan speaker.

Isochronic beats

Merupakan teknologi brainwave terbaru dimana hanya ada satu gelombang suara yang dipancarkan dengan memunculkan satu nada, lalu diberi jeda kondisi hening, kemudian muncul nada lagi, hening lagi, muncul nada lagi dan seterusnya.

Bagaimana caranya?

Sebelum mendengarkan musik self hypnosis seseorang harus dalam kondisi trance, yaitu dimana pikiran kita hanya fokus terhadap satu hal dan secara otomatis pikiran bawah sadar akan menjadi reseptif.

Pada kondisi trance, proses afirmasi atau penanaman sugesti ke dalam pikiran bawah sadar dapat mulai bekerja dengan baik.

Tujuan self-hypnosis

Relaksasi

Memunculkan pikiran positif, kedamaian dan ketenangan

Memotivasi diri untuk kesuksesan

Proses penyembuhan

Melupakan masa lalu

Menemukan cinta

Meningkatkan semangat hidup

Meningkatkan Kualitas tidur

Mengurangi rasa sakit/ nyeri fisik

Tips sukses melakukan self hypnosis

  1. Dalam keadaan trance
  2. Menggunakan imajinasi
  3. Menerima afirmasi yang sedang di dengar
  4. Tidak ragu dengan apa yang dilakukan
  5. Membuat jadwal rutin

Teknik ini telah banyak memberi manfaat karena terbukti mampu membantu seseorang dalam menggapai impiannya.

Tak lupa memanjatkan doa sesuai dengan kepercayaan masing-masing, self-hypnosis dapat membantu untuk mewujudkan apa yang kamu cita-citakan.

Selamat mencoba!

©unsplash